Kucing Bengal

Kucing Bengal

Kucing Bengal merupakan hasil persilangan dari kucing American Shorthair dengan Asian leopard cat (ALC) atau mungkin kita lebih sering menyebutnya Blacan. Sebelumnya saya juga sempat bingung kenapa kucing ini memiliki penampilan yang sangat mirip dengan Blacan yang saya punya. Ternyata memang kucing Bengal merupakan keturunan dari Blacan juga.

Kucing ini merupakan keturunan ketiga dari program persilangan yang dilakukan. Sehingga Bengal mendapatkan perawakan yang liar dengan badan berotot, dan pola tutul mirip macan tutul dari Blacan dan darah kucing domestik yang mengalir di tubuhnya membuat sifatnya menjadi jauh lebih jinak dari ALC.
Nama “bengal” diambil dari nama ilmiah Asian Leopard Cat yang disebut sebagai Bengal Tiger. Namun belum jelas Asian Leopard Cat yang mana yang menjadi nenek moyang kucing ini. Mengingat yang saya tahu Blacan bukanlah kucing yang berukuran besar, sedangkan kucing Bengal merupakan kucing yang berukuran besar. 
Namun setelah saya cari-cari tahu, akhirnya saya menemukan jawabannya. Dimungkinkan ukuran tubuhnya ini merupakan warisan dari kucing American Shorthair yang berbadan besar yang menjadi akar mula ras bengal ini. Setelah persilangan pertama, kemudian anakan yang dihasilkan disilangkan kembali dengan bapaknya. Sehingga sifat liarnya benar-benar hilang.
Pada tahun 1973 program persilangan tersebut dilanjutkan lagi oleh  Dr. Centerwall dari California University untuk mendapatkan Asian Leopard Cat yang tahan terhadap penyakit Feline Leukemia. Tidak mengherankan jika harga kucing Bengal sangat mahal karena kualitasnya benar-benar sudah teruji.
Pada tahun 1998 seekor kucing Bengal yang bernama Cato memecahkan rekor sebagai kucing termahal di dunia dengan harga $41.435 atau sekitar Rp 372,6 Juta saat ini. Pembelinya adalah seorang yang bernama Cindy Jackson yang tinggal di London, Inggris. Rekor kucing termahal di dunia ini baru terpecahkan pada tahun 2005.
Pada tahun 1983 ras kucing ini didaftarkan ke asosiasi/federasi TICA, sedangkan federasi FiFe baru belakangan ini mengakuinya. Kemudian pada tahun 1991 kucing Bengal untuk pertama kalinya diperkenalkan di Perancis.

Kucing bengal memiliki karakteristik yang aktif dan cerdas. Dan yang unik dari kucing ini adalah kesukaannya terhadap air. Mereka akan senang ketika tubuhnya basah terkena air. Sangat berbeda dengan kebanyakan jenis kucing yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s