Masker Wajah

Perawatan wajah menggunakan masker wajah dikenal sebagai cara untuk membantu membuat wajah terlihat lebih segar dan bercahaya juga kencang. Salah satu cara untuk mendapatkan kecantikan wajah adalah dengan memasker, yaitu memilih masker yang sesuai dengan jenis kulit. Banyak sekali jenis buah-buahan yang bisa digunakan untuk membuat masker alami, beberapa di antaranya yang mudah ditemui adalah alpukat, strawberi, lemon, nanas, tomat, ketimun, pepaya, pisang, dan anggur. 

Nanas
Buah tropis ini mengandung enzim bromelain proteolitik yang dikenal untuk menghilangkan luka bakar, menghilangkan noda wajah, mengencangkan kulit, meregenerasi kulit, mengencangkan kulit, memperkecil pori-pori dan membuat kulit tampak lebih muda. (Baca tentang masker Nanas).
Strawberi
Buah ini banyak mengandung asam salisilat, yang merupakan salah satu jenis asam beta-hidkroksi yang membantu mengencangkan kulit, silica, serta vitamin B, C, E, dan K.
Alpukat
Alpukat kaya akan asam amino dan vitamin sehingga cocok digunakan sebagai masker pencegah penuaan dini pada kulit wajah serta mampu melembabkan namun untuk kulit yang berminyak hindari masker alpukat.
Anggur
Buah anggur kaya akan trace mineral, kalsium, magnesium, potassium, Vitamin Bl, B2, B3, B5, B6, C, dan senyawa-senyawa flavonoid serta kaya antioksidan yang bermanfaat untuk menghidrasi kulit dan membuat kulit lebih cerah.
Lemon
Mengandung vitamin n A, C, B 1, B2, dan B3. Sangat baik untuk kulit berminyak, namun juga bekerja efektif pada kulit normal. Berita baiknya masker sari lemon dapat digunakan setiap hari. Selain cocok untuk perawatan kulit berminyak dan berjerawat manfaat lain dari lemon juga membuat kulit tampak lebih cerah dan kenyal.
Pepaya
Kandungan yang terdapat pada pepaya dikenal mampu menbuat kulit tampak lebih putih, bercahaya, dan kencang serta menghidrasi kulit dari polusi. Manfaat lain dari pepaya adalah daun pepaya yaitu ntuk menghilangkan jerawat; caranya ambil 2-3 lembar daun pepaya tua, jemur sebentar lalu tumbuk halus. Tambahkan satu setengah sendok air, gunakan sebagai bedak pada wajah yang terkena jerawat.
Tomat
Mengandung protein, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B 1, dan C. Untuk menghaluskan wajah, menghilangkan noda, serta mencerahkan dan membuat wajah kencang. Ambil tomat yang sudah matang, lalu iris/parut dan maskerkan pada wajah sampai kering kira-kira 20 menit. Untuk hasil lebih baik gunakan sebelum tidur
Pisang
Mengandung serotinin, pektin, tanin, noradrenaline, hidroksi tritamin, dopamin, dan berbagai vitamin, seperti vitamin A, B kompleks, dan C. Manfaatnya sebagai pelembab kulit wajah dimakan langsung juga bagus loh.
Jeruk nipis
Mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral, dan asam sitrat yang berguna untuk mencegah keriput dan mencerahkan wajah serta menghilangkan noda. Kenapa tidak mencoba masker alami?

  • Masker oatmeal
    Campurkan satu sendok makan oatmeal dengan satu sendok yoghurt tanpa rasa. Aduk hingga merata. Setelah itu teteskan dua hingga tiga tetes madu. Lalu campurkan kembali hingga merata. Oleskan masker tadi pada wajah Anda dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu basuhlah dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat.
    Selain melembapkan dan menghaluskan kulit, masker ini juga berfungsi untuk mengganti sel-sel kulit yang mati dengan sel yang baru, sehingga kulit Anda akan tampak bercahaya.
  • Masker gula
    Masker gula ini termasuk yang paling sederhana, karena hanya membutuhkan dua sendok makan gula serta tiga sendok makan air hangat. Campurkan kedua bahan hingga merata, lalu gosok masker pada kulit wajah, hingga kadar airnya habis. Setelah itu basuh wajah dengan handuk yang telah direndam di air hangat.
    Layaknya scrub, masker alami ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah, serta membantu kulit mengalami pengelupasan yang lebih alami dan aman. Selain itu, masker ini juga mampu membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori.

Leave a comment